Perkembangan Anak Yang Kecanduan Teknologi

Meliana S. Halim / 362011033 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Perkembangan teknologi komunikasi yang kita tahu kini sudah semakin maju. Teknologi tersebut dapat kita lihat dan rasakan melalui adanya inovasi baru baik dari bentuk, fitur dan fungsi atau kegunaan.  Perkembangan teknologi tersebut biasa dikenal dengan sebutan gadget yaitu sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Artinya, dari hari ke hari gadget selalu muncul dengan menyajikan teknologi terbaru yang membuat hidup manusia menjadi lebih praktis. Contoh-contoh dari gadget di antaranya telepon pintar (smartphone) seperti iphone dan blackberry, serta netbook. Tentu saja hal ini mengundang kita sebagai konsumen untuk ingin memiliki dan menggunakannya. Namun keminatan ini bukan hanya datang dari kalangan dewasa tetapi juga datang dari kalangan anak-anak. Anak-anak juga tidak ingin ketinggalan jaman dengan maraknya perkembangan gadget. Tidak masalah jika orang tua memperkenalkan anak mereka dengan perkembangan teknologi. Hal ini bertujuan agar anak tidak ketinggalan dengan perkembangan jaman yang terjadi disekitarnya. Namun jika tidak adanya pengawsan pemakaian teknologi tersebut terhadap anak yang akan menimbulkan dampak tersendiri terhadap perkembangan sang anak, baik positif maupun negatif. Selain membuat anak melek akan perkembangan yang ada disekitarnya, teknologi juga dapat menyebabkan kecanduan.

Dampak-dampak negatif yang timbul akibat kecanduan teknologi:

  1. Anak akan sulit berinteraksi secara langsung dengan teman-teman sebayanya dan tidak hanya itu kurangnya kedekatan dengan orang tua.
  2. Terganggunya perkembangan otak anak dalam mengotrol emosi, kontrol diri, tanggung jawab, pengambilan keputusan dan nilai-nilai moral lainnya.
  3. Anak akan menganggap bahwa gadget itu adalah segala-galanya bagi mereka. Jika dipisahkan dengan gadget mereka akan merasakan gelisah karena mereka sudah terbiasa menghabisakan waktu yang mereka miliki dengan bermain gadget.

Sumber :

http://artikelkesehatananak.com/anak-kecanduan-teknologi.html

diunduh pada tanggal 28 Oktober 2012, pukul 10.45

http://www.artikelbagus.com/2011/11/apa-itu-gadget-dan-pengertian-gadget.html

diunduh pada tanggal 28 Oktober 2012, pukul 10.30

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s