Dampak Negatif Facebook bagi Remaja

Oleh                            :  Rambu Maramba Humba (362011069)

Program Studi        :  Ilmu Komunikasi

Universitas Kristen Satya WacanaSalatiga

Sekarang New Media facebook tidak saja sebagai media yang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah sebagai alat refreshing otak yang penat. Facebook memiliki keunggulan dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya. Penggunaan facebook lebih mudah dan lebih efisien. Mudah dipahami oleh orang yang baru menggunakan aplikasi ini. Facebook juga memiliki fasilitas chatting atau berbicara dengan teman facebook kita juga video call yang menyediakan teknologi untuk menangkap, merakam, memproses, mentransmisikan gambar bergerak. Sehingga facebook  dapat membuat orang lebih memiliki informasi dan fasilitas ini memudahkan orang untuk berkomunikasi suara (voice) atau gambar (video) melalui jaringan internet.

Facebook adalah jejaring sosial yang perkembangannya sangat pesat di kalangan remaja dewasa ini. Indonesia tercatat menduduki rangking ke-2 dari 10 negara pengguna facebook terbanyak. Lebih dari 35.174.940 penduduk Indonesia menggunakan facebook. Facebook adalah jejaring sosial yang perkembangannya sangat pesat di kalangan remaja dewasa ini. Pengguna facebook di Indonesia mulai dari kalangan anak, remaja hingga dewasa. Tetapi sebagian besar pengguna facebook adalah kalangan remaja. Begitu banyak kalangan remaja yang sudah menggunakan facebook. Kemudahan yang didapatkan di facebook adalah daya tarik tersendiri bagi para kaum remaja. Hampir sebagian besar bahkan semua remaja di Indonesia memiliki facebook. Facebook saat ini sangat popular sekali di Indonesia yang melanda masyarakat Indonesia. Dengan facebook kita dapat menambah teman, dan juga dapat menemukan teman lama yang sudah tidak pernah berkomunikasi dengan kita lagi (lost contect). Facebook membantu penggunanya untuk lebih mudah menjalin pertemanan. Alasan demikian yang membuat facebook memiliki pengguna yang sangat banyak. Facebook juga dapat diakses secara mudah lewat internet yang ada di komputer ataupun laptop dan handphone. Pengaksesan facebook yang mudah tersebut yang membuat semua kalangan masyarakat tertarik untuk menggunakan facebook sebagai media refreshing mereka dari kejenuhan.

Facebook menduduki rangking pertama sebagai jejaring sosial yang terlaris diantara jejaring-jejaring sosial lainnya. Tercatat perkembangan penggunaan facebook oleh masyarakat Indonesia yang mencapai pertumbuhan 645% pada tahun 2008 (Budi Putra mantan editor Harian Tempo yang dirilis oleh CNET Asia portal IT). Indonesia merupakan satu dari beberapa negara yang mengalami perkembangan pesat penggunaan facebook. Dari data yang diperoleh dari http://www.tutorialblogging.com bahwa tabel hasil survey pengguna facebook di berbagai negara yang menduduki 10 besar penggunaan facebook per Maret 2011.

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini maka dampak negatif yang ditimbulkan makin besar pula terlebih khusus bagi para remaja yang duduk di bangku SMP maupun SMA seperti yang diberitakan dalam beberapa media televisi baik Metrotv maupun Antv yang memberitakan berita tentang seorang siswi (15tahun) SMP Budi Utomo, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat yang menjadi korban penculikan dan pemerkosaan oleh seorang pria yang bernama Catur Sugianto yang dikenalnya melalui jejaring sosial (facebook). Ini menjadi peringatan sekaligus pelajaran bagi setiap pengguna facebook terlebih khusus remaja pengguna facebook agar tidak menyalah gunakan facebook sehingga tidak timbul masalah yang dapat merusak citra dan merusak masa depan remaja. Disini perlu ditekankan  harus ada peran serta orangtua dimana para orangtua harus membekali anak-anaknya dalam memanfaatkan dunia maya dan juga sekolah disarankan untuk mengadakan ekstrakurikuler tentang bagaimana menjadi pengguna facebook yang SMART yang artinya tidak mudah memberikan identitas secara utuh kepada teman yang baru dikenal dari dunia maya juga tidak mudah percaya dengan orang-orang yang baru dikenal melalui jejaring sosial.

http://triafatul.blogspot.com/

http://jakarta.tribunnews.com/2012/10/09/korban-pemerkosaan-di-depok-diusir-saat-upacara-sekolahnya

http://jakarta.tribunnews.com/2012/10/10/sekolah-harus-berikan-ekstrakulikuler-penggunaan-dunia-maya

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s