NEW MEDIA : PENGGUNAAN BLACBERRY MENJADI DAMPAK ALAY

Nama : Yosita Desy Restiana / NIM : 362011067

Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepada penerima informasi. Manfaat media adalah memudahkan sesorang untuk memperoleh sesuatu yang di cari,yang biasanya kita cari langsung dari tempatnya,,kini sudah tidak begitu lagi, kita bisa memesan barang melalui fasilitas internet ataupun menghubungi customer service. Baru adalah inovasi atau perubahan yang dapat melahirkan sesuatu yang diinginkan seeorang.

Jadi new media atau media baru adalah produk tekhnologi komunikasi media yang dimana akan lahir media media baru, seoerti contohnya Koran yang koini dapat dijumpai pada system online seperti kompas.com dan masih banyak lagi, hingga kini banyak bermunculan ide – ide baru seperti facebook, twitter, blackberry messenger. Media baru kini lalu lalang pada kehidupan masyarakat, seperti halnya computer, laptop itu juga kini sangat diperlukan pada masyarakat. Namun ada masyarakat yang menolak akan hadirnya new media. Mereka berfikir bahwa new media akan merusak generasi muda. Namun ada pula daerah yanhg mendukung akan hadirnya media – media yang baru.

BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk fashion. Blackberry Messenger itu sendiri adalah perngat yang unik dan yang menggunakan PIN, sehingga dapat berkomunikasi melalui perangkat satu dengan perangkat yang laiinnnya, dapat menambahkan kontak ke Blackberry Messenger dengan menambahkan PIN mereka, memindai barcode mereka, atau mengirim mereka sebuah email atau undangan SMS. Ini adalah kepentingan terbaik Anda untuk hanya menambah orang yang Anda kenal dan percaya untuk Blackberry Messenger, karena begitu seseorang mendapat PIN.

BlackBerry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas. Semua layanan BlackBerry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. Untuk browsing Internet, data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka. Fasilitas lain yang menjadi andalan BlackBerry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan BlackBerry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk mengobrol di Internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Tetapi yang berbeda pada BlackBerry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.

BlackBerry dapat juga digunakan untuk chatting dengan menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger. Dengan BlackBerry Messenger bisa digunakan untuk chating dengan akun Yahoo, g-talk dan layanan IM lainnya, namun itu dilakukan menggunakan jaringan BlackBerry dengan memasukan nomor identitas atau Nomor PINBlackBerry. Semua layanan yang ada pada blackberry tersebut terkenal sangat aman baik itu layanan e-mail, chatting ataupun browsing, sebagai tambahan untuk browsing data data dari situs yang dikunjungi juga telah dikompresi sehingga akan tampil lebih cepat.

Blackberry Messenger pun kini dapat mengakibatkan dampak negatif bagi remaja yaitu BBM menjadi system ALAY bagi anak – anak remaja sekarang. Seperti misalnya ada anak yang setiap menit bahakan setiap detik mereka membuat status yang alay dan tidak bermutu, semisal “ aduuwwhh panassnyaaa” seperti itu atau tentang kisah cinta yang sedang mereka alami dan kegalauan yang mereka sedang rasakan saat ini. Namun Blackberry massenger juga memiliki damapak positifnya, yaitu :

1.       Blackberry memiliki mobillitas yang tinggi, bahkan pemilik Blackberry dapay mengirimkan E-mail tanpa harus pergi ke warnet.

2.      pemilik blackberry dapat mengetahui berita-berita dan informasi penting yang ada pada dunia maya.

3.      dengan adanya Blackberry pengguna tidak perlu repot – repot melihat oeta pada saat perjalanan jauh.

4.      dapat berkomunikasi cesara luas.

Hingga saat ini, Blackberry masih menjadi trend para remaja di Indonesia, tak terkecuali di lingkungan sekitar kita. Bahkan, ada yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan gadget mahal ini, seperti memaksa orang tuanya, mencuri, dll. Trend ponsel pintar ini memang telah menguasai pikiran para pelajar dan mahasiswa di Indonesia bahwa “No Blackberry, No GAUL”, seperti itulah kira-kira.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s