“jaring” anak dan Remaja????

Priskilla Candra C

Fakultas Ilmu Sosiologi Komunikasi FISKOM UKSW362011034

“jaring” Anak Dan Remaja???

Dalam hal ini tidak bisa dipungkiri kalo “jaring” di dunia anak atau remaja sangat besar. Pendidikan tidak lagi diutamakan melainkan sosialisasi dan gengsi semata yang lebih diutamakan dalam lingkup pergaulan anak dan remaja saat ini. Banyak anak/ remaja yang sudah mengerti akan hal – hal yang seharusnya dia belum mengerti, bagiku itu sangat memprihatinkan. karena itu secara tidak langsung memaksa otak sang anak untuk bekerja lebih keras dengan hal – hal yang seharusnya belum sampai mereka pikirkan. kegengsian terjadi saat masing – masing kelompok dalam lingkup anak tersebut mulai membicarakan tentang pengetahuan tentang teknologi baru yang mereka dapatkan. jaman dahulu kita bermain dengan teman menggunakan permainan tradisional, tetapi saat ini mainan tradisional dianggap permainan kuno dan sudah “jadul” jika dimainkan anak – anak jaman sekarang. anak – anak menganggap jika mereka bisa mengusai permainan yang berhubungan dengan teknologi maka akan merasa “keren”.

kita mulai membicarakan remaja, bisa ditebak bagaimana dunia teknologi dalam lingkup remaja, lebih ekstrim tentunya. bisa dilihat dari anak – anak saja sudah mulai melakukan hal yang jauh dari umur mereka, bayangkan jika remaja? tentu kita sudah mulai tahu jawabannya. Remaja adalah masa dimana rasa ingin tahu seseorang semakin besar, bahkan karena ke ingin tahuan mereka, banyak remja yang “rusak”akibat teknologi. Teknologi mempunyai banyak macam, sangat banyak tapi teknologi yang kita bicarakan sekarang adalah teknologi komputer, teknologi handphone. contoh kecil saja, jaman sekarang, hampir semua orang mengenal bahkan mempunyai handphone, jika dalam suatu kelompok ada 1 saja yang tidak mempunyai handphone, bagaimana reaksi teman – teman satu kelompok?? mereka pasti langsung beranggapan bahwa temannya itu miskin,gak gaul alias ndeso , padahal belum tentu dia seperti itu, mungkin saja oang tuanya belum mau membelikan karena merasa belum membutuhkan, dalam hal ini akan berdamapak secara psikologis dan sosialnya. dalam hal psikologis dia merasa dikucilkan, merasa tidak mengetahui apa – apa merasa dirinya bodoh,dsb. dalam sisi sosial, dia merasa sendiri, tidak mempunyai teman,dsb (itu akan berpengaruh kepada sikap sehari – hari).

sebenarnya tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi mempunyai dampak yang positif bagi perkembangan anak dan remaja.

saat mereka menggunakan teknologi denganbaik dan benar sesuai dengan fungsinya masing masing. teknologi dapat mengembangkan ketrampilan anak dan remaja dan mereka dapat bersosialisasi dengan publik, mereka bisa memperluas jaringan pertemanan sehingga dapat belajar bersosialisasi. anak – anak dan remaja akan lebih termotivasi lagi untuk belajar, karena mereka tidak perlu bersusah payah mencari buku.

jika teknologi mempunyai dampak positif pasti mempunyai dampak negative, sangat disayangkann jika anak – anak dan remaja menyalahgunakan teknologi dan membuat mereka merubah sikap mereka baik dalam pendidikan atau bersosialisasi.  jika anak – anak dan remaja sudah tercandu dengan sesuatu yang ada di dalam teknologi, maka mereka cenderung malas untuk berkomunikasi di dunia nyata, mereka menjadi tidak bisa membedakan antara dunia nyata dengan dunia maya. mereka secara tidak langsng akan bersikap egois,karena mereka sudah merasa senang dan kecanduan. so…. pergunakanlah  teknologi dengan benar dan sesuai dengan fungsinya ya!, jangan sampai jadi “anak komputer yang gak tau pergaulan”. 

http://www.pengaruh-media-sosial-terhadap.html

http://www.dampak-positif-dan-negatif-jejaring.html Gambar

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s