“Fenomena Penyalah Gunaan Strategi Bisnis Pada Akun Twitter (Akun Orang Dewasa)”

Nama :Anggun Wulandari
 362011035

Twitter adalah jejaring sosial dan micro-blogging dimana kita sebagai pengguna dapat memberikan informasi update (perbaruan) informasi tentang diri kita, bisnis dan lain sebagainya.Didalam twitter kita dapat memposting apapun sesuka hati anda,basa-basi,curhatan hati,sampai dengan promosi.Disamping itu kita juga dapat menemukan berita pada saat sedang terjadi, belajar lebih banyak tentang topik yang penting bagi kita, dan mendapatkan informasi langsung dari narasumber secara aktual.
Letak kekuatan twitter salah satunya adalah twitter tidak membatasi para penggunanya, tidak ada sistem keamanan yang dapat membatasi penulusuran sang pengguna.Untuk masyarakat yang menjalankan bisnis online via Internet twitter dapat digunakan sebagai media promosi gratis yang cukup menggiurkan dan efektif.Namun dengan kebebasan di twitter saya menemukan beberapa penyalah gunaan twitter sebagai media promosi.Salah satunya pada situs milik Orang Dewasa
.Pembuat admint dalam kasus ini awalnya menawarkan barang (baju) melalui online. Akan tetapi timelinenya tidak sesuai dengan tujuannya. Pemilik admint memposting hal-hal negatif yang secara langsung mengundang perhatian followersnya. Pemilik admint memakai konteks sex untuk mendapatkan keuntungan dari  followers. Ini jelas kesalahan dalam pemanfatan media.
Agar komunikasi berjalan dengan baik,diperlukan beberapa hal,yaitu :
1.Seorang komunikator yang baik adalah seorang komunikator yang dapat memprediksi pesan yang akan ia sampaikan dapat dimengerti oleh komunikan atau tidak. Bila prediksinya tepat,komunikator akan dapat dengan lancar menanggapi pesan dari komunikator tersebut dan mengantisipasi reaksi komunikator dalam menyusun umpan balik sehingga tidak terjadi kesalah pahaman. disini komunikator atau admint sengaja membuat kesalahpahaman dengan  tujuan untuk menjaring massa. Tingkat minat komunikan dengan hal-hal yang berbau sex menjadi bahan acuan bagi para komunikan (followers) dan kemudian membuat penawaran baju dengan cara memposting (tweet) barang dagangan admint.
2.Ketepatan
Untuk menghindari kesalah pahaman,perlu adanya memprelajari kerangka berpikr orang yang berbeda-beda.Selain itu,hal ini juga dapat membuat jalanya komunikasi lebih lancar. Karena komunikator (adnmint) mengtahui kerangka berpikir komunikan maka komunikator pun akan membuat semua postingan “rayuan” yang berbau sex dan vulgar agar minat membeli pun semakin besar. Dan ketika telah membeli barang dagangan tersebut maka komunikan akan dianggap sebagai bagian dari admint.
3.Keharmonisan
Komunikator yang baik akan selalu menghormati dan menjaga hubunganya dengan para komunikan, selain itu komunikator juga akan meninggalkan kesan yang baik kepada para komunikannya,sehingga hubungan baik antara komunikator dan komunikan terus berjalan. Karena akun twitter ini bebas menerima siapa saja tidak memandang umur maka pemilik akun memakai cara dengan menyeimbangkan postingan nasehat-nasehat kehidupan dengan postingan tweet sex. Dan pemilik akun kadang kala melakukan retweet agar para followers menyadari bahwa mereka dihargai.

https://twitter.com/OrangDewasa
Daftar pustaka :

1.Setiyawan Dirgayuza.2009.Panduan Praktis Mengoptimalkan Twitter.Media Kita.
2.Schiffman Stephan.Teknik Komunikasi Bisnis.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s