Feedback dari viewers terhadap channel “Adobe Photoshop CS5: Top 5 Feature”

Nama       :Yohanes Yosse Pranata                 NIM      :362011043

You Tube adalah media untuk mengupload video secara gratis dari suatu file dan bisa di share secara online. Proses pengiriman pesan pada media ini dapat berupa audio visual. Pada suatu perkembangan media, kita tentunya mengenal feedback (umpan balik). Feedback ( Umpan balik ) adalah respon yang diberikan oleh penerima pesan kepada pengirim sebagai tanggapan atas informasi yang dikirim pesan.

Pada media lama umumnya feedbacknya tertunda bahkan bisa saja tidak ada feedback. Media lama nampaknya mulai dirasa tidak efektif dan mengalami “kematian”. (Schechter, 2007:1) namun pada era media baru kini, feedback dari viewer dapat terjadi sangat cepat walau masih ada kemungkinan untuk terjadinya delay suatu feedback. Di sini saya akan mengkaji tentang Feedback dari viewer terhadap channel tutorial aplikasi photoshop di Youtube. (http://www.youtube.com/watch?v=imEZ4Y9eTRk  )

Dalam Ilmu Komunikasi dikenal beberapa jenis feedback yang akan penulis paparkan berikut contohnya dari video dari youtube yang mempunyai judul tutorial “Adobe Photoshop CS5: Top 5 Feature”.

1. Feedback Positif – Feedback Negatif

Feedback positif adalah isyarat yang menandakan bahwa komunikan setuju dengan komunikator,. Feedback negatif adalah kebalikan dari feedback positif.

Feedback Positif         :Great tutorial – I’ll checkout other ones you have done. Thanks!

Feedback negatif        :That painting thing in the beginning doesn’t work, just so you know. You can paint, but it won’t adjust to the 3d.

2. Feedback Netral – Feedback Zero

feedback netral adalah feedback yang tidak jelas wujudnya; apakah itu positif atau negatif. Feedback Zero adalah feedback yang sulit dimengerti oleh komunikator. Komunikator tidak tahu harus menafsirkan isyarat yang muncul dari komunikan.

Feedback netral           :fenopy.eu/torrent/adobe+photos­hop+cs6+no+serial+needed+zip/O­D 3MTMzNA get this for free with no serial needed !!!!!!!!!

Feedback Zero              :KYR SP33DY!!

3. Feedback Internal – Feedback Eksternal

Feedback Internal adalah feedback yang berasal dari komunikator di sini deskripsi pengupload tentang video yang dia upload merupakan contohnya. Feedback Eksternal adalah feedback yang munculnya berasal dari komunikan berupa ekspresi wajah tertentu, gerak-gerik, perilaku atau bahkan suara-suara yang muncul ketika komunikasi tengah berlangsung. Sayangnya di dalam video youtube tidak terlihat.

4. Feedback Verbal – Feedback Non-Verbal

Feedback Verbal adalah feedback yang wujudnya berupa lisan di sini segala komentar yang di berikan oleh viewers merupakan contohnya. Feedback Non-Verbal adalah yang wujudnya bukan berupa lisan atau tulisan, seperti ekspresi wajah, gerak-gerik, cara duduk, cara berdiri, cara menatap, bentuk senyuman, isyarat tangan, dan sebagainya. Namun, Di dalam video youtube tidak terlihat.

5. Feedback Langsung – Feedback Tidak Langsung

feedback langsung adalah feedback yang ditunjukkan ketika komunikasi sedang berlangsung dan segala komentar yang diberikan merupakan contohnya, dan feedback tidak langsung adalah feedback yang disampaikan ketika komunikasi telah selesai di youtube terlihat pada viewers yang hanya memberi jempol like or dislike

Bila kita berpegang pada pengertian yang sebenarnya dari feedback, kedua jenis feedback terakhir ini dapat dikatakan sebagai sekedar sebuah kiasan. Feedback sifatnya harus segera dan disampaikan pada saat komunikasi sedang berlangsung. Oleh karena itu feedback dapat pula kita katakan sebagai sebuah reaksi komunikan. Akan tetapi bila penyampaiannya adalah pada saat sebuah proses komunikasi telah berlangsung, maka itu dapat kita katakan sebagai sebuah respon atau tanggapan. Sebagai contohnya seperti video ini http://www.youtube.com/watch?v=imEZ4Y9eTRk yang diunggah ke youtube terlihat terjadi banyak sekali feedback dari viewer berupa comment. Di sini terlihat fungsi dari youtube yang diapresiasi oleh khalayak melalui tanggapan-tanggapan yang ada.

Sumber            :

–          Lyle, jack, Communication and Development, Honolulu, 1890

–          Effendy, Onong Uchjana, Dimensi-dimensi Komunikasi, Penerbit Alumni, Bandung, 1981

–          http://dasarilmukomunikasi.wordpress.com/2012/08/03/jenis-macam-macam-umpan-balik-feedback-4/

–          http://www.youtube.com/watch?v=imEZ4Y9eTRk

 

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s