Dampak Facebook dalam Kehidupan Sosial. Positif atau Negatif?

Oleh Shintya Septiani 362011071 Progdi Ilmu Komunikasi UKSW,Salatiga

Facebook merupakan salah satu dari sekian puluh sosial media yang ada dalam dunia maya. Facebook kini telah digunakan oleh lebih dari 250.000 juta orang didunia. Banyak orang yang suka menggunakan facebook dengan berbagai keperluan mulai dari untuk menambah teman, share informasi, dan bahkan untuk mencari jodoh. Kemajuan new media (internet) saat ini mempermudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan siapa saja bahkan tidak terbatas oleh jarak,ruang dan waktu. Dengan menggunakan sosial media terutama facebook, orang mudah mengakses berbagai info dan berkomunikasi dengan siapa saja dan dimana saja hanya dengan duduk dan online komputer atau laptop dan bahkan kini facebook juga dapat diakses menggunakan telepon seluler (handphone). Menurut data dari Alexa.com  yang diambil pada 24 Juli 2009, Facebook menempati peringkat keempat di daftar situs yang paling banyak diakses di dunia setelah Google, Yahoo, dan YouTube. Bahkan, menurut data dari Alexa.com, Facebook telah menjadi jawara di Indonesia. Facebook terbukti menjadi situs yang paling banyak diakses orang Indonesia. Bahkan mengalahkan jasa pencarian Google.

Banyaknya pengguna Facebook di Indonesia menyebabkan berbagai dampak pula khususnya di bidang sosial.  Memang permasalahan utamanya tidak berasal dari Facebook secara langsung, namun dalam kasus ini Facebook dapat menjadi suatu media untuk berbagi cerita yang dapat menimbulkan masalah. Dampak penggunaan Facebook tidak hanya negatif, namun ada juga sisi positifnya. Facebook menjadi media untuk mengekspresikan kebebasan hingga berdampak negatif. Contohnya adalah kasus penculikan yang memanfaatkan situs jejaring sosial di Facebook.

Abelina Stefani, gadis berusia 14 tahun yang tiba-tiba menghilang setelah janjian bertemu dengan seseorang yang dikenalnya melalui Facebook. Menurut pengakuan orang tua Abel,  pada tanggal 11-2-2010, Abel berpamitan akan ke DBL Arena untuk menonton basket, namun sejak saat itu ia menghilang dan tak kembali. Menurut temannya, sebelum Abel pergi, ia berjanjian untuk bertemu seseorang yang sudah dikenalnya melalui Facebook. Namun, setelah pergi, Abel malahan tidak kembali selama 6hari.

Kasus yang dialami Abel adalah satu dari sekian kasus yang terjadi dalam dunia maya terutama jejaring sosial Facebook. Dalam hal ini, Facebook telah memberikan dampak yang negatif bagi remaja khususnya. Karena, kasus ini dapat termasuk dalam kasus Cybercrime atau kejahatan dalam dunia maya. Tidak hanya penculikan, cybercrime dapat juga berupa pencurian dan penggunaan akun Internet milik orang lain, membajak situs web, dan bahkan prostitusi yang dilakukan seseorang dengan orang yang dikenalnya melalui jejaring sosial seperti facebook.

Menurut Anneahira dalam blognya Anneahira.com, ia mengungkapkan facebook memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan sosial. Dampak positif yang ditimbulkan dari penggunaan Facebook adalah dapat meningkatkan sosialisasi seseorang terutama untuk remaja, dapat menambah banyak teman yang baru yang berasal dari mana saja, adanya fitur “grup” memudahkan seseorang untuk melakukan suatu diskusi, dan Facebook mampu menjadi sarana promosi yang bagus. Selain sisi positif, Facebook juga memiliki sisi negatif diantaranya dapat menjadikan seseorang terutama remaja yang kecanduan Facebook menjadi seseorang yang penyendiri, dapat menyebabkan seseorang menjadi lupa waktu, dan Facebook dapat merenggangkan tali silahturahmi secara langsung.

Facebook memang mampu menjadi sarana promosi dan sarana transaksi jual beli yang sangat bagus. Namun, kita sebagai pengguna Facebook harus pintar-pintar dalam memilih mana akun yang terpercaya dan mana akun yang tidak dapat dipercaya karena di jaman saat ini, banyak orang “nakal” yang menyalahgunakan Facebook sebagai tempat penipuan dan pemerasan. Banyak orang yang berpura-pura berdagang onlen namun pada kenyataannya ia hanya menipu para pembelinya yang sudah mentransfer uang ke rekening miliknya. Jika ada hal seperti ini, maka akan menjadi Cybercrime lagi. Karena penipuan merupakan salah satu bentuk kejahatan dan penipuan yang terjadi di dunia maya merupakan bentuk dari Cybercrime yang lain.

Banyaknya dampak sosial yang ditimbulkan dari penggunaan Facebook menyebabkan munculnya suatu pertanyaan penting yaitu “Mungkinkah adanya kehidupan tanpa Facebook?”. Ini merupakan pertanyaan penting yang dapat digunakan sebagai bahan pemikiran. Sejujurnya, sebelum Facebook muncul, telah ada kehidupan. Jadi, walaupun tidak ada Facebook, kehidupan tetaplah harus berjalan. Menurut Sartika Kurniali dalam bukunya “Step by Step Facebook”, ia mengatakan bahwa meski dengan kepopulerannya, Facebook tetaplah sebuah media. Para penggunalah yang membuatnya menjadi semakin terkenal. Kita hidup dalam dunia nyata,  interaksi di dunia maya hanyalah bersifat pendukung. Karena di dunia maya kita bisa menembus batas, ruang dan waktu.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia yang hidup dalam jaman modern yang mampu mengikuti perkembangan teknologi terutama perkembangan jejaring sosial Facebook di dunia maya haruslah mampu memilah mana yang berdampak positif dan mana yang berdampak negatif. Facebook dalam dunia maya hanyalah media yang mampu menembus batas, ruang dan waktu. Kehidupan kita sesungguhnya adalah di dunia nyata ini. Jadi, kini kita dituntut agar dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

 

Daftar Pustaka

Kurniali,Sartika.Step by Step Facebook: The Next Level.2009.Jakarta:PT Elex Media Komputindo.

Noegroho,Agung.Teknologi Komunikasi.Yogyakarta:Graha Ilmu.2010.

http://www.tabloidnova.com/Nova/News/Peristiwa/Anak-Ancaman-Facebook-Dari-Penculikan-Sampai-Prostitusi-3

http://www.anneahira.com/penggunaan-facebook.htm

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s