DAMPAK FACEBOOK BAGI MAHASISWA

Dian Ratnasari / 362011032   ilmu komunikasi UKSW salatiga

Facebook adalah salah satu dari sekian banyak Online Social Networking atau Situs Jejaring Sosial yang ada di jagad web. Bila anda sebelumnya telah mengenal MySpace atau Friendster, maka Facebook pun tak jauh berbeda seperti kedua Online Social Networking tersebut. Facebook pertama kali hadir pada bulan Februari 2004 dengan Mark Zuckerberg sebagai pendirinya (Manis : 2009 ).

Ada dampak positif dari facebook :

(1)Facebook kita dapat kembali bertemu dengan teman-teman lama walaupun di dunia maya.(2) Dengan facebook komunikasi antar teman menjadi lancar walaupun berjauhan. (3)Featurenya cukup beragam membuat nyaman menggunakannya. (4)Bagi yang sedang jauh dari komunitas aslinya karena tugas misalnya sedang studi di luar kota atau luar negeri manfaat facebook sangat terasa.

Dan adapula dampak negative :  (1)Informasi menjadi semakin mudah diputar-balikan, kalau ini sebetulnya merupakan dampak negatif dari internet secara umum, dan tentu saja akhirnya masuk ke dalam dampak negatif facebook. (2)Lebih banyak waktu mahasiswa yang terbuang sia-sia untuk hal yang kurang bermanfaat. Apa lagi kalau sudah kena sindrom facebookholic alias kecanduan dan membuat boros uang. (3)Mahasiswa menjadi malas belajar, mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan. (4) Memicu mahasiswa untuk melakukan pergaulan bebas tanpa batas. karena di dalam dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.

Contoh kasus :-Sepanjang Januari hingga Februari 2010 komisi nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mendapatkan 36 laporan terkait kasus Anak yang menjadi korban Facebook.
“Untuk Penculikan anak ada 7 kasus,” kata sekjen komnas PA, Arist Merdeka Sirait pada seminar internet sehat bertajuk ‘Antisipasi Penyalahgunaan Situs Jejaring sosial’ di FX plaza Jakarta, Selasa (23/2/2010).
Laporan tersebut menunjukkan modus-modus yang berawal dari FB. Tak hanya perdagangan anak, tapi juga anak bisa menjadi korban pemerkosaan.
Arist mengatakan, teknologi harus dikelola dengan baik untuk mengantisipasi kejahatan via internet. Selain itu orang tua juga berperan penting dalam mengantisipasinya.
“Selama orangtua belum bisa menjadi tempat curhat anak, maka anak akan menjadikan teman di FB sebagai tempat curhat,” kata Arist
Arist juga menyesalkan tindakan walikota depok, Nurmahmudi Ismail yang melakukan sidak ke warnet-warnet.
“Kenapa anaknya yang disalahkan, itu kebijakan panik, bahkan RPM yang dikeluarkan pemerintah itu juga kebijakan telat,” kata Arist.
Ada beberapa benteng yang dapat menangkal bahaya Facebook. Pertama, keluarga, kedua lingkungan sosial, dan ketiga negara. Dalam keluarga, seorang ibu memegang peranan penting.
“Banyak ibu yang membikin akun Facebook untuk anaknya bahkan lengkap dengan data diri, dan ini juga menyebabkan maraknya kasus penculikan via Facebook,” ujarnya.
Arist mengatakan, modus ini akan semakin meningkat jika teknologi tak dikelola dengan baik. (srn)

Dalam kasus tersebut anak itu terlalu sering membuka facebook akibatnya anak terlalu percaya pada dunia maya. Dan Perkembangan media baru di jaman sekarang dampaknya sangat besar untuk itu kita tidak boleh di jajah teknologi tapi teknologi yang kita jajah. Agar kita tidak terperangkap dalam dunia maya kita jangan terlalu sering membuka facebook di karena kan terlalu membuka facebook tidak baik.  Untuk itu kita diharapkan bisa memanfaat media baru dan tidak menyalah gunakan facebook sebagai hal-hal negative.

Daftar pustaka :

http://susilofy.wordpress.com/2010/09/28/dampak-situs-jejaring-sosial-facebook-bagi-mahasiswa/

http://techno.okezone.com/read/2010/02/23/55/306496/sebulan-7-kasus-penculikan-via-facebook

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s