twitter?? Good OR Bad!

Natanael Adi Pratama/362011046

TWITTER

Twitter adalah salah satu layanan social networking dan saat ini merupakan layanan sangat terkenal terutama di Amerika Serikat dan Eropa. Twitter ini berfungsi semacam portal yang berisi daftar kegiatan sehari-hari dari para anggotanya. Jadi kalau kita tergabung di twitter kita akan tahu apa saja yang lagi dilakukan oleh teman-teman di jaringan kita. Perkembangan twitter di dunia ini semakin meningkat, hampir semua orang mamiliki akun ini. Sekarang ini sangat mudah untuk membuat akun twitter, asalkan ada internet pasti mudah untuk membuat, penggunaan twitter ini pun juga sangat mudah, hampir semua orang dapat menggunakannya. Menggunakan aplikasi ini bisa menggunakan HP, laptop atau tablet. Seringkali twitter ini disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik, seperti menyebarkan foto-foto porno.

Berdasarkan penelitian Semiocast, mereka mencatat peringkat-peringkat  pemilik akun twitter terbanyak didunia. Dari urutan tertinggi pemilik akun twitter  terbanyak di pegang oleh Negara Amerika serikat dengan 107,7 juta akun, posisi kedua di pegang oleh Negara brazil dengan 33,3 juta akun, posisi ketiga dipegang oleh Negara Jepang dengan 29,9 juta akun, posisi keempat dipegang oleh Negara inggris dengan 23,8 juta akun, dan Indonesia menduduki posisi kelima didunia dengan 19,5 juta akun. Selain dari segi jumlah akun, pengguna twitter di Indonesia lebih aktif dari rata-rata pengguna lain di dunia. Hasil riset ini dilakukan terhadap 383 juta akun yang dibuat sebelum tahun 2012, dengan memperhitungkan kriteria seperti  lokasi yang disebut dalam profil , zona waktu, bahasa yang digunakan sat mengirim tweet, serta lokasi GPS.

Akun twitter ini mempunyai dampak positif dan negative yang sangat tinggi. Dampak teknologi ini bisa di pengaruhkan kepada semua orang, dari anak kecil dewasa hingga orang tua, dan pria maupun wanita.

Dari dampak positifnya :

–          Akun ini bisa digunakan untuk berkomunikasi  jarak jauh, dan cara berkomunikasi ini bisa dilakukan dengan banyak orang. Kita juga bisa menambah teman dari akun ini.

–          Selain itu kita dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.

–          Situs jejaring sosial membuat kita menjadi lebih bersahabat, perhatian dan empati. Misalnya memberikan perhatian saat ada teman mereka berulang tahun, mengomentari foto, dan status teman mereka, menjaga hubungan persahabatan meski tidak dapat bertemu secara fisik.

–          Berkat situs jejaring sosial ini kita menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.

–          Akun ini juga bisa digunakan untuk berbisnis/berjualan secara online.

–          Bisa digunakan untuk promosi.

Dari dampak negatifnya :

–          Kita menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu jika terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.

–          Situs jejaring sosial akan membuat kita lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.

–          Situs jejaring sosial ini juga seringkali digunakan untuk kejahatan yang semakin menyebar, dan kita tidak pernah tahu siapa orang-orang baru didunia maya itu.

–          Bagi anak-anak, tidak ada aturan ejaan dan tata bahasa di situs jejaring sosial. Hal ini membuat mereka semakin sulit untuk membedakan antara berkomunikasi di situs jejaring sosial dan di dunia nyata.

–          Seseorang yang menghabiskan waktunya di depan komputer akan jarang berolahraga sehingga kecanduan aktivitas ini dapat menimbulkan kondisi fisik yang lemah, bahkan obesitas.

Semenjak situs jejaring sosial seperti Twitter menyedot perhatian public, sebagian besar menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengunjungi situs tersebut. Oleh karena itu diperlukan cara untuk mengatasi kecanduan jaringan sosial ini seperti dengan membatasi waktu penggunaan internet, terutama situs jaringan sosial. Kita juga perlu belajar menggunakan jaringan internet secara bijak sehingga kita tidak menjadi orang yang mencandu akan jejaring sosial. Sebaiknya para pengguna situs jejaring sosial ini tidak harus berhenti total untuk tidak menikmati situs tersebut, namun lebih bijak kalau secara perlahan untuk menguranginya yaitu dengan mengurangi jam menggunakan internet. Orang tua juga harus lebih wasapada dan lebih perhatian kepada anaknya yang masih bersekolah untuk memperingatkan agar tidak tergantung dengan jejaring social twitter ini, karena mereka lebih banyak menggunakan waktunya untuk mengakses akun twitter dari pada untuk belajar.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s