WANITA, TANGGAP TEKNOLOGI

Tabita Trusty Ocmalia / 362011020 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

 

Sosok wanita yang identik dengan gerak yang lemah gemulai, mencerminkan kehidupan mereka yang lamban dan hanya untuk bekerja menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Perempuan lebih banyak diam dan memilih menurut kepada kaum pria.

Kita tidak bisa menolak kalo saat ini jarak bukanlah suatu masalah yang berarti lagi dalam kehidupan. Kemajuan dalam tekhnologi komunikasi seperti internet (new media) membuat jarak semakin dekat. Semua bergerak cepat, informasi dapat diakses kapanpun dan dimanapun seperti tak ada batas. Perempuan juga tak kalah saing dengan pria dalam perkembangan tekhnologi dan mampu mengisi segala aspek kehidupan seperti tekhnologi.

Seiring berkembang zaman peran wanita dalam kehidupan semakin kompleks dan penting, ketika dulu wanita dianggap rendah namun kini pada perkembangannya wanita mampu mengisi segala aspek kehidupan yang penting seperti mulai dari pemerintahan, perusahaan, organisasi dan masih banyak lagi. Tentunya wanita harus mengikuti perkembangan zaman.

Pada penerapan tekhnologi menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya guna peningkatan kualitas hidup. Peranan teknologi pada aktivitas manusia saat ini memang begitu besar. Tekhnologi informasi telah menjadi menjadi fasilitas urgent bagi kegiatan setiap sektor kehidupan.  Oleh karena itu sangatlah penting peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) terutama pada wanita dalam bidang tekhnologi informasi mulai dari keterampilan dan pengetahuan, pengoprasian, perawatan, dan pengawasan.

wanita tanggap teknologi

wanita tanggap teknologi

Seorang ibu yang mampu berperan memberikan informasi-informasi terutama pada keluarganya dituntut mempunyai pengetahuan yang luas guna menncerdaskan keluarga dan sekali lagi peranan teknologi pada wanita sangat mendukung. Wanita bukan hanya sebagai pengguna (user) maupun sebagai objek lebih dari itu wanita merupakan bagian subjek dari perkembangan teknologi itu sendiri. Sudah kita ketahui banyak wanita yang mahir menggunakan teknologi seperti pegawai bank, pegawai rumah sakit, pegawai pemerintah, pembisnis online, yang mengunakan kecanggihan tehnologi informasi.

Dengan semakin berkembangnya zaman wanita mampu menyetarakan dengan pria dengan menyampaikan aspirasi kemudian wanita bebas memperoleh pendidikan serta makin mengenal dunia teknologi. Selain itu wanita mampu mengusai perangkat canggih seperti komputer dan gadget canggih, itu merupakan bukti bahwa wanita telah berkembang maju dalam hal teknologi.Meskipun wanita mampu menguasai teknologi saat ini tak mampu mengubah esensi pada wanita yaitu memiliki sifat sensitif. Misalnya saja wanita mengirim pesan melaui ponsel kapada temannya terutama teman pria namun tidak dibalas akhirnya menimbulkan pemikiran negatif. Wanita sangat mudah merasa ditolak dan membuat wanita tidak nyaman dengan situasi seperti itu.

Berikut ada beberapa beberapa tokoh wanita dalam teknologi yang saya ambil situs wanita berpengaruh dalam teknologi seperti Augusta Ada Lovelace sebagai the first woman “computer progammer” dan kemudian ada Grace Murray Hopper terkenal sebagai pionir ilmuan komputer dan dikenal karena mampu mengembangkan bahasa pemograman berbasis bisnis yang disebut COBOL

Grace Murray Hopper

Grace Murray Hopper

Dengan bukti tersebut tidak bisa menutup kemungkinan wanita mampu terlibat dalam perkembangan teknologi walaupun tidak semua teknologi memberikan dampak positif. Sehingga wanita dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang selalu berubah dari zaman ke zaman namun jangan lupa untuk dituntut kritis dalam penyaringan informasi yang baik dan benar serta menghindari hal-hal buruk efek teknologi yang dapat merusak moral.

DAFTAR PUSTAKA:

http://www.thocp.net/biographies/pictures/lovelace_ada1.jpg https://www.google.co.id/search?q=WANITA+TANGGAP+TEKNOLOGI&hl=id&prmd

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s