“BBM” Lebih Adiktif dari pada Drug

Richard Trio D / 362011039 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

“Teknologi”. Sebagian besar semua orang di seluruh dunia kenal dengan istilah teknologi, dan tidak hanya kenal, semua orang diseluruh dunia tahu betul apa yang dimaksud dengan teknologi. Pada tahun-tahun modern ini, kira-kira sejak tahun 2010 ini, teknologi di seluruh belahan dunia mulai menyebar luas dan sangat familiar untuk diketahui oleh sebagian orang diseluruh dunia. Perkembangan teknologi pada jaman sekarang ini tidak lepas akan adanya perkembangan komunikasi juga. Dengan kemunculan perkembangan teknologi dan komunikasi yang sangat pesat inilah, kebutuhan akan sesuatu yang cepat tumbuh dalam pikiran masing-masing orang diseluruh penjuru dunia.

Perkembangan teknologi yang pesat ini muncul berawal dari adanya keberadaan internet. Karena dengan internet ini lah, semua yang diinginkan dapat dengan cepat terpenuhi, seperti : ingin tahu tentang informasi yang teraktual, internet dengan cepat dapat menginformasikannya. Dari sini lah, kebutuhan orang-orang semakin ingin dipermudah. Sebelum adanya kemunculan internet, handphone telah menjadi pendobrak kemajuan teknologi dan komunikasi ditahun-tahun sebelumnya. Dan dengan adanya kemunculan internet inilah, apapun dikaitkan dengan internet. Dari ini lah, pada tahun modern ini kira-kira sejak tahun 2010 bermunculan produk-produk teknologi dan komunikasi yang sangat identik dengan penggunaan internet, seperti bermunculan : I-Phone, PC tablet, I-Pad, serta BlackBerry. Dan dampak kemunculan mereka pun beragam, dari yang positif sebagai sarana mempercepat mengakses informasi dan berkomunikasi, sampai dampak yang negatif.

Disini saya tidak akan membahas semua teknologi komunikasi yang telah muncul pada zaman modern ini, tetapi saya lebih condong untuk membahas tentang BlackBerry. “BalckBerry”, ketika orang-orang dihadapkan dengan sebuah kata “BlackBerry”, dalam pikiran orang-orang tidak hanya memikirkan itu adalah hanya sekedar handphone saja, melainkan orang-orang berpikir untuk langsung menuju kesebuah aplikasi yang dimiliki oleh BlackBerry itu sendiri, yaitu BlackBerry Messenger atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan “BBM”. Dalam aplikasi BBM ini terdapat banyak sekali fungsi yang ditawarkannya seperti, memberikan kemudahan dalam penyampaian informasi secara cepat, dapat digunakan sebagai alat komunikasi melalui yang dinamakan “chat”, serta tidak hanya itu, aplikasi BBM ini juga dapat digunakan sebagai media untuk saling share gambar, voice note, maupun video. Dengan adanya kemudahan dalam kemajuan teknologi dan komunikasi ini semua dalam satu handphone dan dalam satu aplikasi, orang-orang berbondong untuk mendapatkan BlackBerry ini. Dengan kata lain, dampak positif yang terdapat dalam teknologi dan komunikasi BlackBerry ini adalah kemudahan untuk dapat bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang-orang yang mungkin telaknya saling berjauhan.

Namun, kecanggihan dan kemudahan dalam aplikasi BBM ini tidak dapat diremehkan begitu saja, sebab dalam kecanggihan dan kemudahan yang terdapat dalam BBM ini hampir semua orang dapat menggunakannya dan tidak terkecuali oleh anak-anak/remaja. Dan dengan adanya dampak positif yang terdapat pada BBM ini, ternyata tidak luput dari adanya dampak negatif pada penggunaannya. Dalam dampak negatif ini, saya lebih memfokuskan pada dampak negatif BBM yang dapat menimpa pada kalangan anak-anak/remaja.

Dengan adanya kemudahan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dalam BBM ini serta kemudahan dalam penggunaannya, anak-anak/remaja pada zaman sekarang sangat mudah sekali dalam mempergunakannya. Dengan mudahnya dalam penggunaan itu lah, anak-anak/remaja zaman sekarang ini lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain dengan BlackBerry-nya itu. Oleh karena itu, BBM ini ternyata memiliki dampak yang negatif terhadap anak-anak/remaja, sebab dengan adanya BBM ini anak-anak/remaja lebih sering BBm-an dari pada belajar atau yang lain yang seharusnya menjadi kewajiban mereka dan bukannya BBM-an. BBM juga berdampak pada anak-anak/remaja dengan sebutan autisme, yaitu ketika seorang anak/remaja sedang menggunakan BBM, anak tersebut secara tidak sadar akan menujukan fokus mereka ke BBM itu, dan fokus mereka ke orang yang disekitar akan hilang (diabaikannya). Dan jika hal itu terus menerus terjadi di kalangan anak-anak/remaja, lama kelamaan secara tidak sadar BBM akan mengganggu fungsi kinerja otak anak-anak/remaja yang seharusnya pada umur-umur mereka menjadi masa-masa dimana kinerja otak harus diasah sebaik mungkin. Dan untuk menghentikan hal itu, tindakan orang tua untuk lebih keras terhadap anak tidak dapat lagi digunakan, sebab semakin anak dilarang anak tersebut akan lebih berani untuk bersifat membangkang.

Untuk hal-hal negatif tersebut sudah banyak sekali solusi yang telah dilakukan oleh orang tua, dari menyita, melarang, tetapi hal itu malah membuat para remaja semakin membangkang pada orang tua, dan pada akhirnya cara untuk tetap meneruskan kegiatan mereka lah yang dapat digunakan. Sebab, generasi muda dari waktu ke waktu semakin pintar dan sulit untuk diatur, dan cara-cara lama sudah tidak lagi efektif, belum lagi teknologi semakin lama akan menjadi hal yang tidakk terpisahkan dalam kehidupan manusia, membatasi anak/remaja dari teknologi bukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah dan dampak seperti diatas, karena dapat menyebakan remaja menjadi terbelakang. Oleh karena itu pada akhirnya, para remaja yang harus bertanggung jawab pada kehidupan mereka, gagal bertanggugng jawab mereka sendiri yang akan menanggungnya, yang berarti remaja harus memiliki kesadaran sendiri kapan harus berhenti, serta tahu yang mana yang tepat dan positif bagi kehidupan mereka.

Sumber :

http://grandeagle.wordpress.com/2010/04/18/pengaruh-komunikasi-dan-teknologi-pada-pergaulan-remaja/

http://leonardi-tjokro.blogspot.com/2010/04/teknologi-yang-berkembang-pesat-dan.html

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s