Peran Wanita dalam Perkembangan Teknologi

Rinintha Niken DW / 36 2011 042 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Dewasa ini teknologi mampu mempengaruhi kehidupan wanita. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dikarenakan berkembangnya media-media baru yang muncul didalam ranah masyarakat. Media baru tersebut dengan mudah mempengaruhi apa yang ada didalam kehidupan. Perkembangan teknologi memberikan dampak yang cukup positif bagi kehidupan manusia. Termasuk juga dalam dunia komunikasi, saat ini teknologi telah menjadi proses komunikasi menjadi sesuatu hal yang mudah di lakukan tanpa mengenal batasan jarak maupun tempat. Selain itu, dalam dunia media massa perkembangan teknologi juga mampu memberikan kemudahan bagi kita untuk memperoleh informasi secara cepat. Tetapi disini kita akan membahas sisi wanita dalam dampak pesat teknologi tersebut. Ternyata dalam perkembangan teknologi, wanita juga memiliki andil yang besar baik itu sebagai pengguna maupun sebagai  pengembang dari teknologi itu sendiri.

Sekarang kita pasti bertanya apa pentingnya teknologi pada wanita? Banyak orang yang berasumsi bahwa perempuan adalah warga nomor kelas dua, di bawah laki-laki. Lebih parahnya hal ini juga didukung dengan budaya yang dibentuk masyarakat bahwa wanita itu mahluk yang lemah dan selalu butuh bantuan laki-laki. Maka dari itu, banyak istilah-istilah yang muncul di masyarakat bahwa wanita itu konco wingking atau tugas wanita itu 3 M (macak, manak, masak). Namun, bagi wanita sekarang budaya tersebut mulai mereka lawan. Para wanita saat ini berusaha ingin menunjukkan jika mereka bisa setara dengan laki-laki bahkan bisa lebih di atas laki-laki.

Perkembangan dan dampak teknologi dalam dunia komunikasi yang begitu pesat memberikan dampak yang cukup positif bagi wanita. Bagi sebagian wanita teknologi dijadikan sebagai alat memperjuangkan untuk memperoleh kesetaraan dengan laki-laki. Dengan adanya teknologi dalam dunia komunikasi sekarang wanita menjadi lebih mudah untuk menunjukkan eksistensinya. Adanya perkembangan teknologi dalam dunia komunikasi, perempuan saat ini dapat dengan mudah untuk menyebarkan gagasan dan ide mereka dalam dunia pendidikan, politik, ekonomi, sosial dan budaya. Gagasan dan ide tersebut biasanya dapat memberi sumbangsih bagi wanita lainnya untuk bisa lebih maju dan berkembang. Perkembangan teknologi juga dapat mengubah paham bahwa dunia wanita tidak hanya di rumah saja tetapi berkembang lebih luas.

Dalam era modern sekarang, banyak bukti yang menunjukkan bahwa wanita berperan besar dalam perkembangan dunia teknologi. Tanpa kehadiran dan kerja keras mereka mungkin kita (laki-laki dan wanita) tak bisa dengan enak dan nyaman menggunakan teknologi. Salah satu contohnya adalah Sheryl Sandberg, COO Facebook. Sheryl Sandberg juga memiliki kisah dengan Google. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Perusahaan Penjualan Online Global. Di Facebook, Sheryl Sandberg kini menjabat sebagai Chief Operation Officer. Ia menduduki posisi tersebut pada bulan Maret 2008. Ia adalah wanita yang menjadi Vice Precident didalam Google tetapi Mark Zuckerberg sangat senang melihat kecerdasan yang ia punya dalam mencari jumlah khalayak dalam bidang penjualannya di teknologi(sekali lagi dampak teknologi ternyata cukup besar) dan ditariklah Sherly bergabung dengan facebook lalu posisi kedudukan Sheryl di kantor Facebook adalah posisi teratas nomor dua setelah Mark Zuckerberg sendiri. Selain Sheryl Sandberg, masih banyak perempuan-perempuan pintar yang memiliki pengaruh dalam perkembangan teknologi dunia  mereka antara lain Meg Whitman (Presiden dan CEO Hewlett Packard), Marissa Mayer (Google VP of Location and Local Services), Susan Wojcicki (Google SVP of Advertising), Ursula Burns (CEO Xerox), Safra Catz (President Oracle), Cher Wang (Co-Founder and Chairperson HTC), Virginia Rometty (CEO dan President IBM), dan Ellen Kullman (CEO Dupont).

Dari beberapa contoh di atas kita dapat mengetahui bahwa tidak selamanya laki-laki memiliki kuasa dalam perkembangan teknologi dalam dunia komunikasi. Tentunya kita sebagai wanita, juga harus bangga dan bisa termotivasi dari contoh wanita-wanita perkasa yang ada dalam perkembangan atas dampak teknologi dunia tersebut. Sudah selayaknya, para wanita menggunakan  perkembangan teknologi menjadi sebuah alat  untuk bisa melawan konstruksi budaya dalam masyarakat tentang wanita. Selain itu, teknologi tidak selamanya memberi kesan negative tetapi adanya dampak positif bagi kaum wanita jika teknologi bisa kita kembangkan dengan baik. Sebagai seorang wanita, kita juga harus pintar dalam memanfaatkan perkembangan teknologi. Maka dari itu, para wanita harus selalu meyakini bahwa didalam teknologi ini peran kita juga dapat dibutuhkan.

Sumber :

http://sosbud.kompasiana.com/2010/08/16/memperkenalkan-facebook-2-sheryl-sandberg/

Azis, Asmaeny. Feminisme Profetik. Kreasi Wacana, Yogyakarta, 2007.

Miarso, Yusufhadi, dkk. Teknologi Komunikasi Pendidikan. CV Rajawali, Jakarta, 1984.

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s