Fungsi Retweet Bagi Pengguna Twitter

Indah Puspitadewi / 362011003 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Dibandingkan terminologi New media, Rogers lebih suka menggunakan kata New Communication Technology  untuk menjelaskan media komunikasi baru yang berkembang di masyarakat. Media komunikasi baru yang dirasakan amat bermanfaat dan memiliki masa depan yang menjanjikan bagi Rogers dan Sayling Wen adalah media interaktif dan media jaringan.  Untuk TTS kali ini saya memilih media jaringan yaitu Internet dan lebih spesifik lagi ke bentuk layanan yang terdapat di dalamnya yaitu World wide web ( Twitter -> Retweet ). Jaringan sendiri merupakan transmisi dari banyak orang ke banyak orang, tetapi juga mencakup dari satu orang ke satu orang dan dari satu orang ke orang banyak. Saat ini media terpenting dan memiliki jaringan paling luas adalah internet. Layanan yang diberikan oleh Internet saat ini sangat beragam dan terus diinovasi sesuai kebutuhan masyarakat. Contohnya seperti : e-mail, e-banking, SMS, MMS dan world wide web ( www ).

Twitter, twitter adalah jejaring sosial yang didirikan pada maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp, twitter dalam bahasa inggris artinya berkicau hal ini sesuai dengan fungsi twitter yang memungkinkan anda untuk mengatakan apa saja yang sedang anda lakukan atau pikirkan kapan saja dan di ketahui banyak orang. Di dalam twitter juga ada beberapa opsi yaitu : follow, reply, retweet, favorite, dll. Retweet (bahasa Indonesia, re = kembali) digunakan untuk menjawab tweet orang lain yang ditujukan kepada kita dengan menyertakan tweet orang tersebut. Retweet ini biasa digunakan untuk menyebarkan update dari tweet lain.

Komunikasi sebagai proses berhubungan antar individu atau antar kelompok yang tak lepas dari komponen komunikator. Komunikator adalah pihak yang mengirim pesan kepada khalayak. Dalam ilmu komunikasi, komunikator bisa juga bertukar peran sebagai komunikan atau penerima pesan sehingga komunikator yang baik juga harus berusaha menjadi komunikan yang baik.

Twitter yang digunakan untuk transmisi memiliki berbagai opsi, salah satunya adalah Retweet. saya pribadi sebagai komunikator  retweet berfungsi untuk mengirimkan kata – kata dari account twitter lain kepada teman saya misalnya : @larissa_pricillia RT @SemangatPositif: Kedamaian bukan berarti tanpa konfilk, Kedamaian berarti kemampuan mengatasi konflik dengan cara damai. dalam ilmu komunikasi komunikator bisa bertukar peran sebagai komunikan, dalam posisi saya sebagai komunikan retweet berfungsi untuk menerima pesan dari account lain yang saya anggap menarik misalnya : RT @Inspire_Us It always seems impossible until its done -Nelson Mandela agar masuk ke tweets saya tanpa saya harus mengetik ulang. tetapi ini adalah persepsi saya, saya ingin mengetahui apa fungsi retweet bagi komunikator dan komunikan lain. Oleh karena itu saya mewawancarai 50 orang yang berusia 17 – 25 tahun pengguna twitter terutama opsi retweet dengan beberapa pertanyaan, Beberapa pertanyaan yang saya ajukan kepada mereka adalah

  1. apa sih retweet itu?
  2. Kenapa  menggunakan retweet?

Dari orang – orang  yang saya wawancarai hampir semua mengatakan bahwa ‘’retweet’’ itu adalah  nge-tweet ulang tweet yang udah di tweetkan. Fungsi retweet bagi komunikator sendiri adalah untuk  mengirim pesan dengan masih ada tauntan mention serta isi dari tweet sebelumnya dan untuk menyebarkan pesan dari account lain kepada followers sedangkan bagi komunikan fungsi retweet sendiri adalah untuk menerima pesan dari account lain baik itu berupa mention maupun kata – kata yang menarik, bagus, sesuai kondisi agar masuk ke tweets account sendiri tanpa mengetik ulang. Kebanyakan dari mereka menggunakan retweet karena lebih efektif dalam menyebarkan pesan dari account lain, membalas mention dan mengungkapkan rasa ketertarikan pada suatu tweet tanpa memplagiat tweet itu.

Daftar Pustaka

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s