FACEBOOK FOR UNDER 13 YEARS OLD

Petrus Caelestinus Candra / 362011038 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Facebook benar-benar menjamur. Tidak hanya di Indonesia, namun juga di seluruh dunia. Hampir tidak ada orang yang tidak mengenal apa itu facebook, anak anak pun terkena akan dampak fenomena facebook. Facebook dan banyak situs lain melarang anak-anak berusia di bawah 13 tahun karena Aksi Perlindungan Privasi Daring Anak-Anak (COPPA) mewajibkan semua laman memberikan perlakuan khusus untuk anak-anak berusia 12 tahun ke bawah.Undang-undang tersebut bertujuan menghentikan para pemasar menggali informasi pribadi anak-anak atau menggunakan data mereka untuk beriklan. Semua situs wajib mendapatkan ijin orangtua sebelum membolehkan anak-anak masuk, dan harus mengambil langkah untuk melindungi privasi.

Gambar

Gambar

Akan tetapi undang undang tersebut dalam kenyataan tidaklah berguna. Banyak pengguna facebook saat ini merupakan remaja dan anak anak dibawah umur 12 tahun. Fenomena Facebook berakar pada pencarian jati diri, di tempat yang salah pada waktu yang salah pada orang yang tidak tepat pula. Beberapa kasus kejahatan terjadi karena Facebook seperti gangguan psikologi, penculikan, kabur dari rumah, bahkan hingga kekerasan atau pemerkosaan. Orang tua mempunyai peranan penting untuk mencegah dampak negatif Facebook.

Diperlukannya nilai edukasi terhadap anak sangat penting untuk menggunakan facebook. Dan penggunaaan jejaring sosial ini harus mendapat perhatian dari orang tua dan orang orang sekitar anak tersebut. Sehingga dari pihak facebook juga menyediakan layanan untuk anak agar remaja dan anak anak tetap bisa menikmati fenimena jejaring sosial tetapi tetap dalam batasan yang seharusnya diterima oleh anak dan remaja.

Mengetahui sulitnya mengatasi pembohongan umur para pendaftar Facebook dan mencegah anak-anak di bawah usia 13 tahun untuk tidak memiliki akun, banyak yang menganjurkan bahwa edukasi pada anak-anak adalah langkah pengaman yang tepat. Facebook menganjurkan pada berbagai elemen, dari mulai orang tua, guru hingga penyedia layanan internet untuk berfokus pada hal ini demi keamanan anak-anak. Pembekalan yang matang serta komunikasi yang baik mengenai pemakaian internet dengan sehat pada anak-anak adalah sesuatu yang vital.

Sumber Pendukung :

https://sites.google.com/site/ppmenetherlands/anak-anak , di akses pada 27 Oktober 2012 , jam 22.30

http://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=264097213692975&id=243517882417575 , di akses pada 27 Oktober 2012 , jam 22.30

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s