Dampak Penggunaan Blackberry Terhadap Remaja

Yovita Priska
362011049
FISKOM – Komunikasi

Penggunaan Blackberry di kalangan anak remaja

Di Indonesia sekarang – sekarang ini zamannya sudah semakin modern, khususnya dalam perkembangan teknologi. Fenomena sosial yang sering kita lihat adalah penggunaan jenis handphone – handphone terbaru yang mengeluarkan bentukan baru dan yang semakin lama semakin canggih penggunaannya. Seperti contohnya saja penggunaan blabckberry, android, ipad dan yang lainnya. Penggunaan blackberry di dalam masyarakat Inodnesia khususnya bagi kalangan anak remaja yang paling banyak diminati. Fenomena sosial ini sangatlah sering kita lihat di sekitar sekolah sekolah, perguruan tinggi bahkan di dalam dunia kerja. Semakin banyaknya anak remaja yang menggunakan blacberry, remaja lain yang belum menggunakan blackberry jadi ingin memiliki dan menggunakan blacberry. Ini dipengaruhi karena adanya perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Akan dijelaskan sedikit tentang blackberry itu sendiri.
BlackBerry adalah Perangkat Selular yang memiliki kemampuan layanan Push E-Mail, Telepon, Sms, Menjelajah Internet, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Penggunaan Gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, Sampai menjadi suatu kebutuhan untuk Fashion. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia.
Berikut ini dampak negatif dari penggunaan blackberry :
1. Membuat ketagihan
2. Mengganggu tidur
3. Memicu cemas
4. Melemahkan otak
Berikut ini juga ada keuntungan dari penggunaan blackberry :
1. Koneksi Jalan Terus
2. Dapat mudah berpromosi di internet

Pengguna layanan BlackBerry di dunia tumbuh pesat. Menurut data terbaru, jumlah pengguna BlackBerrysaat ini sudah melampaui 16 juta. Ini membuktikan bahwa semakin banyaknya penggunaan blackberry di Negara Indonesia. Penggunaan blackberry yang tidak terbatas membuktijan beberapa asumsi yang dikatakan oleh orang – orang yang menggunakan blackberry. Mulai dari anak rema karena mereka terbawa oleh arus atau pengaruh dari sekitarnya, sedangkan bagi orang – orang dewasa khususnya yang di dalam bidang kerja menggunakan blackberry sebagai tuntutan dalam dunia bisnisnya dan agar semakin mudah untuk berkomunikasi dengan rekan bisnisnya dalam suatu pekerjaan.
Semakin banyaknya peminat blackberry tidak akan pernah ada habinya jenis blackberry yang akan dikeluarkan. Bagi mereka yang meminati blackberry, blackberry merupakan salah satu alat komunikasi yang bias dimanfaatkan dalam keadaan yang mendesak sekalipun.sudah cukup banyak blackberry mengeluarkan produk – produk terbarunya yang semakin diminati oleh masing – masing individu.

Jadi kesimpulannya perkembangan penggunaan blackberry di Indonesia ini dipengaruhi oleh faktor teknologi komunikasi yang kian lama kian menjadi banyak yang baru dan semakin lama pun teknologi yang dihasilkan atau yang ada semakin modrn. Blackberry yang digunakan pun mempunyai peran baik dan buruk untuk anak remaja yang menggunakan jenis handphone seperti blackberry.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.teknojurnal.com/2011/09/20/pertumbuhan-pelanggan-blackberry-di-indonesia-pada-tahun-2011
http://omlinux.wordpress.com/tag/keuntungan-menggunakan-blackberry

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s