“Ciyus Miapah” : Dari Cyberworld Sampai Real-world

Laurentius Guntoro Adi / 362011087/ Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Media massa sangat dikenal dengan kekuatannya yang dapat mempengaruhi masyarakat. Denis McQuail mengungkapkan bahwa media massa mempunyai kekuatan dalam menginovasi, membentuk perilaku serta preferensi masyarakat. Jadi dapat dikatakan bahwa media massa juga berperan sebagai cara pengembangan kebudayaan salah satunya adalah bahasa.

Pluralitas bahasa di Indonesia sendiri sangatlah beragam dari bahasa resmi sampai bahasa daerah. Akan tetapi, dengan adanya kecanggihan media massa kini, munculah bahasa baru yang non-standar katakanlah bahasa gaul. Bahasa gaul sendiri pun menjadi tren berkomunikasi khususnya anak-anak muda sekarang.

Salah satu bahasa gaul yang saat ini menjadi tren adalah “Ciyus Miapah”. Frasa gaul tersebut muncul dari beberapa anak muda yang awalnya ngobrol di dunia maya dengan gaya pura-pura cadel, seperti enelan yang berarti kata beneran. Kemudian, kata-kata semacam itu dikembangkan oleh beberapa kalangan sehingga munculah kata-kata seperti gambar dibawah ini untuk sekedar lucu-lucuan.

Gambar

Secara cepat kata-kata tersebut dipakai oleh banyak kalangan masyarakat yang tidak terlepas dari media massa. Salah satu contoh adalah pengaruh seorang artis di acara-acara televisi menggunakan bahasa gaul tersebut. Selain itu keterbukaan informasi di media sosial lah sebagai faktor pemicu utamanya. Salah satu media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi saat ini adalah twitter. Pengguna twitter yang berkicau menggunakan bahasa tersebut, pada kurun waktu kurang lebih 2 jam dalam sehari mencapai 736 tweets.

Gambar

Media sosial sebagai alat berkomunikasi di era digital ini bisa membuat suatu tren dalam berbahasa. Kata ciyus miapah merupakan salah satu buah tren dari keberadaan media sosial. Dari seseorang yang berkomunikasi melalui media sosial, dengan tidak sengaja membuat suatu tren bahasa yang baru. Keterbukaan media sosial juga membuat bahasa tersebut cepat diterima oleh masyarakat. Bahkan media sosial juga memberi efek yang sangat kuat di kehidupan masyarakat sehari-hari dengan terbukti bahwa banyak lapisan masyarakat menggunakan bahasa gaul tersebut. Meskipun tren bahasa gaul bersifat musiman (bertahan sebentar) dengan media sosial lah seseorang memunculkan tren-tren baru yang kemudian mempengaruhi cara berkomunikasi di kehidupan nyata masyarakat.

Gambar

Bagan diatas menjelaskan bahwa seorang opinion leader berkomunikasi kepada orang lain bisa melalui cyber world dan real world. Karena keterbukaan cyber world yang dapat diakses oleh siapa saja tanpa ada kurun waktu, maka dapat diterima oleh banyak lapisan masyarakat secara cepat. Ketika muncul tren bahasa gaul seperti ciyus miapah di cyber world, dampak yang akan muncul di real world adalah berkomunikasi secara langsung dengan lawan bicara menggunakan bahasa gaul. Itu dikarenakan masyarakat mempunyai peranan dan kekuatan untuk mempengaruhi media sosial, sebaliknya media sosial juga mempunyai peranan dan kekuatan yang begitu besar terhadap masyarakat luas. Seperti yang diungkapkan oleh William L. Rivers dan kawan-kawan bahwa pada dasaranya kondisi di dunia nyata mempengaruhi media massa, dan ternyata keberadaan media massa juga dapat mempengaruhi kondisi nyata di dunia. Sehingga ketika berkomunikasi di cyber world, social media dan mass society mempunyai hubungan saling ketergantungan.

DAFTAR PUSTAKA:

http://ebookbrowse.com/kekuatan-media-massa-1-doc-d12999824, diakses jumat (26 Oktober 2012) jam 15:12 WIB

http://www2.tempo.co/read/news/2012/10/17/108436309/Asal-Usul-Istilah-Ciyus-dan-Miapah, diakses jumat (26 Oktober 2012) jam 14:23 WIB

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s