YouTube Sebagai Media Pembelajaran Aplikasi Photoshop.

Ferdy K. SouKotta / 362011027 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Proses pembelajaran pada masa ini sudah mulai merujuk kepada teknologi komunikasi seperti internet ( sumber : Richard West and Lynn H.Turner,2009, Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi, Jakarta ; Salemba Humanika ) dan youtube adalah salah satu media baru  yang merujuk pada proses pembelajaran efektif.

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) paling populer saat ini. Para pengguna  dapat memuat dan penonton (viewers) dapat menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player ( sumber : Kindarto,   Asdani,    Smitdev Community. Belajar Sendiri You Tube, Menjadi Mahir Tanpa Guru,  PT.  Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia,  Jakarta 2002 )

Bagi para pemakai youtube yang menyukai desain grafis yaitu photoshop, Youtube adalah situs yang tepat untuk memulai pembelajaran mengenai aplikasi photoshop tersebut. Proses pengiriman pesan pun sangat efektif. Proses  pengiriman pesan secara langsung dapat dipahami oleh para penikmat Youtube. Makalah ini membahas tentang proses pengiriman pesan yang disampaikan oleh pengupload video tutorial photoshop kepada viewers.

Fungsi komunikasi terhadap youtube khususnya kepada pengunggah tutorial photoshop jelas memiliki nilai yang sangat mendidik. Proses komunikasi yang dilakukan dari pengguna yang menggungah video tutorial penggunaan photoshop di Youtube,   lebih mengutamakan pesan yang akan disampaikan karena itu komunikasi yang disampaikan harus efektif, efisien dan baik dan harus menggunakan lambang komunikasi yang langsung dapat dimengerti viewers. Sebagai contohnya seperti video ini

1. Komunikasi yang efektif, efisien dan baik

Komunikasi yang efektif yaitu komunikasi yang paling cermat, sehingga maksud dan tujuan dalam komunikasi dapat tersampaikan dan dimengerti oleh viewers informasi.  Komunikasi dikatakan efisien apabila berusaha untuk mengurangi sebanyak – banyaknya waktu dan biaya dalam pertukaran informasi, namun informasi yang disampaikan dapat dimengerti.

Sedangkan komunikasi yang baik adalah komunikasi yang terjadi apabila pengertian penerima sesuai dengan maksud yang diinginkan oleh pengirim.

2. Lambang komunikasi diartikan sebagai tanda yang mengandung arti yang digunakan dalam proses komunikasi. Jadi fungsi lambang disini adalah mewujudkan isi pernyataan dari bentuk yang abstrak menjadi konkrit.

Youtube ini sangat efektif karena Dari judul tutorial “Remove Braces with Photoshop” khalayak pun langsung dapat mengetahui bahwa maksud dan tujuan dari video ini seperti apa. Kelebihan dari youtube ialah pengunggah video tutorial ini dapat menggunakan metode audio visual untuk menjelaskan lebih mendalam tentang proses penggunaan aplikasi photoshop sesuai tutorial tersebut.dengan menggunakan aplikasi free screen recorder penggunggah dapat menjelaskan secara mendetail. Kemudian Kelebihan penggunaan youtube tidak dikenakan biaya apapun, dari proses pengunggahan sampai nanti proses menyaksikan video tutorial ini. Dan jika viewers belum dapat memahami atau nanti dalam mempraktekkan melupakan bagian yang penting dalam proses pengeditan gambar viewers dapat memutar kembali (replay) video tersebut. Viewers menonton secara langsung bagaimana proses pembuatan gambar dalam penggunaan photoshop. Langkah-langkah yang diterapkan sangatlah jelas. Bukan hanya dari grafis videonya yang menjelaskan tetapi penjelasan secara audio pun diperlukan unutk mengarahkan para viewers. Contohnya : pada video tersebut pengajar tutorial mengatakan bahwa “warna yang diinginkan dapat diatur sesuai dengan pencerahan pada channel warna” (menit 1 :17 pada video tersebut). Dengan menggunakan komunikasi Lambang yang digunakan pada video tersebut ialah bahasa lisan, tulisan  dan pengunaan cara menggunakan fitur-fitur yang ada pada photoshop secara langsung

 

Daftar Pustaka

1. Kindarto,   Asdani,    Smitdev Community. Belajar Sendiri You Tube, Menjadi Mahir Tanpa Guru,  PT.  Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia,  Jakarta 2002

2.  Maulana,Deddy,MA,Ph.D.2000 Ilmu Komunikasi.Bandung:PT Remaja Rosdakarya offset.

3. http://www.youtube.com

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s