Dampak Handphone Bagi Masyarakat

Dian Hanny W / 362011002 / Program Studi Ilmu Komunikasi – FISKOM UKSW

Saat ini sering sekali kita melihat HP / handphone menjadi alat komunikasi yang harus dimiliki oleh semua orang. Tidak hanya satu melainkan setiap orang setidaknya memiliki lebih dari 2 alat komunikasi ini. Perkembangan HP saat ini juga telah berkembang cukup pesat tidak hanya dari kalangan para pekerja saja melainkan dari anak kecil mungkin balita saja sudah dapat menggunakan alat komunikasi seperti ini. Dulu kecanggihan yang ada hanya sekedar dapat berkomunikasi jarak jauh , melepas penat dengan bermain game. Tetapi sekarang perkembangan HP sudah sangat pesat di antaranya dapat menonton TV , mendengarkan music , bermain internet dan game , foto – foto , video call dan masih banyak lainnya. Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai kecanggihan HP dan dampaknya , akankah lebih baik kita mulai mengetahui pengertian konvergensi media.

Pengertian konvergensi media diambil juga dalam bahasa inggris Convergence yang artinya menghubungkan. Tapi bila konteksnya konvergensi media maka penggabungan media – media yang ada untuk diarahkan pada tujuan tertentu. Semisal saja conto yang saya angkat mengenai kecanggihan HP saat ini. Seperti yang di paparkan sedikit di atas dulu HP tidak canggi seperti sekarang , HP jadul hanya memiliki fungsi untuk berkomunikasi sedangkan sekarang HP dapat digunukan untuk bermacam – macam tanpa kita membawa beberapa media untuk menggunkannya. Sekarang HP dapat mewakili segala kebutuhan yang ada di dalam masyarakat itu sendiri. Perkembangan teknologi yang berkonvergensi ini tidak hanya sebatas dalam ranah teknologi semata, melainkan telah merambah dan mengubah pola-pola dasar kehidupan manusia. Konvergensi mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, dan gaya hidup. Pola-pola produksi dan pola konsumsi berubah, dan penggunaannya berdampak pada level ekonomi, politik, sosial, dan budaya (www.antara.co.id). Dengan menggunakan HP pun kita dapat melakukan sebuah transaksi illegal maupun legal, hal ini mempermudah masyarakat dalam kelangsungan hidup mereka.

Sejarah singkat mengenai HP / telepon genggam. Telepon genggam pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper , beliau seseorang karyawan Motorola yang mencetuskan ide untuk menciptakan sebuah alat komunikasi yang dapat di bawa kemana – mana. Ada beberapa cara yang beliau tempuh  hingga akhirnya HP yang sering kita bawa itu menjadi sebuah alat komunikasi yang sangat canggih dan memiliki konvergensi terhadap media.  Mengapa saya memilihi konvergensi media ? karena menurut saya konvergensi yang terjadi pada HP merupakan konvergensi media dan teknologi komunikasi.

Dampak Positif dan Negatif HP bagi masyarakat :

POSITIF NEGATIF
Mempermudah dalam hal berkomunikasi Kejahatan yang terjadi (penculikan)
Munculnya gaya hidup mobile Semakin lunturnya nilai moral
Meningkatkan kualitas hidup (agar tidak gaptek) Bila menggunakan HP terlalu sering akan menyebabkan kanker otak
Mempermudah untuk mengakses sesuatu Penipuan yang bermodus sms
Menghasilkan masyarakat yang modern Terbiasa hidup secara instan
Semakin berkembangnya bisnis ponsel Persaingan industry yang ketat

Jadi , konvergensi media khususnya HP sebenarnya memiliki pegaruh baik / buruk untuk beberapa kalangan. Pengaruh yang akan timbul tidak lain merupakan perilaku masyarkat yang menganggap sebuah HP itu memiliki manfaat seperti apa. Selain itu dengan Konvergensi media , kita semakin di mudahkan untuk mengakses segala sesuatunya agar lebih mudah lagi.

GambarGambar

DAFTAR PUSTAKA :

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s