HAKIKAT ILMU KOMUNIKASI

                                                                                  Mata Kuliah    : Pengantar komunikasi

                                                                                  Nam              : Paleria Singpanki

                                                                                  Nim               : 362012060

HAKIKAT ILMU KOMUNIKASI

  1. 1.         Hakikat komunikasi

Ada defenisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah: usaha penyampaian pesan antarmanusia, kesengajaan yaitu: komunikasi yang menyebabkan seseorang dengan sengaja menyampaikan pesan kepada orag lain. Misalnya: kita buat kelompok untuk berdiskusinamun ada teman kita yang secara tidak sengaja menguap tetapi kita tidak melihat hal tersebut.

  1. Penyampaian Pesan

meskipun kita berkomunikasi menyangkut perilaku manusia, tetapi tidak semua perilaku manusia adalah: komunikasi,dalam berkomunikasi komunikasi adalah:perilaku manusia dalam menyampaikan pesan.

Jika yang kita sampaikan bukan pesan maka itu bukan kajian ilmu komunikasi. Misalkan ada dua orang yang berdiri di pinggir jalan untuk menunggu bus, namun diantara mereka berdiam diri saja,tidak ada pesan yang di sampaikan kepada satu sama lain.maka diantara keduanya tidak ada dan tidak terjadi komunikasi. Misalkan kedua orang itu pria yang tampan dan gadis yang cantik. Si pria itu ia ingin sekali berkenalan dengan si gadis namun ia tidak menyampaikan pesan itu kepada si gadis tentang ketertariakanya. Oleh karena itu di antara si pria dengan gadis tidak ada komunikasi antar pribadi yang ada komunikasi interpribadi.

Komunikasi adalah: proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efec ataupun tujuanya dengan mengharapkan feedback atau umpan balik. Tujuan utama komunikasi adalah: untuk membangun atau menciptakan pemahamam atau pengertian bersama. Saling memahami atau mengerti bukan berarti harus menyetujui,melainkan dengan komunikasi terjadi suatu perubahan sikap. Pendapat, perilaku, atau pun perubahan secara sosial.

 

Komunikasi: Arti dan akar Kata

Kata komunikasi’ berasal dari bahasa latin communis yang berarti: membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Akar kata communis adalah: communico yang artinya berbagi. Dalam hal ini yang berbagi adalah: pemahaman bersama melalui pertukaran pesan. Komunikasi sebagai kata kerja(verb) dalam bahasa inggris communicate yaitu:

  1. _ untuk bertukar pikiran, perasaan dan informasi
  2. _membuat tahu
  3. _ membuat sama
  4. _mempunyai sebuah hubungan yang simpatik.

Adapun dalam kata (noun) communicate berarti’ pertukaran simbol atau pesan yang sama dan informasi.( b) seni untuk mengekspresikan diri,(c) ilmu pengetahuan tentang pengirim informasi.( start 1983).

  1. 2.         Komuniksasi Dalam Pertumbuhanya

komunikasi juga seperti antropolo ataupun

sosiologi adalah:disiplin ilmu deskriftif. Dalam sejarah pertumbuhanya ilmu komunikasi berawal dari Retorika. Retorika adalah;pengetahuan dan seni berbicara secara lisan , tatap muka dalam konteks publik. Ilmu dan seni dalam menyampaikan pesan, kemudian berkembang bukan saja dalam tataran tatap muka dengan publik melainkan juga media massa.

  1. 3.         Tiga Kategori Komunikasi

Pada tahun 1976 dance dan larsan mengumpulkan 126 defenisi komunikasi yang berbrda.dan mereka juga mengidentifikasikan juga dimensi konseptual, penting yang mendasari perbedaan dari ke_126 temuanya itu. Yaitu:

  1. Tingkat obsevasi dan keabstrakan; yang besifat umum, misalnya defenisi yang mengatakan bahwa komunikasi adalah proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lain dalam kehidupan kita.
  2. Tingkat keberhasilan dan terimanya pesan:proses yang menekankan keberhasilan pesan yang diterimanya. Misalnya defenisi yang menyatakan bahwa komunikasi adalah: proses pertukaran informasi untuk mendapatkan pengertianya.
  3. Tingkat kesengajaan: yang mensyaratkan kesengajaan adalah:situasi_situasi yang memungkinkan suatu sumber dan menstranmisikan suatu pesan kepda seseorang penerima pesan.

 

About these ads

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s