Pentingnya Komunikasi dalam Keluarga

Pentingnya Komunikasi dalam Keluarga

(Vega Oriel – 362012018 – FISKOM UKSW, Progdi Ilmu Komunikasi)

 

            Komunikasi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Manusia merupakan makhluk sosial sehingga membutuhkan komunikasi. Jika antar manusia tidak melakukan komunikasi, dunia ini akan terasa sepi.

Keluarga merupakan kelompok sosial pertama dimana manusia belajar sebagai manusia sosial. Komunikasi harus dibina dalam keluarga, sehingga anggota keluarga merasakan adanya ikatan yang dalam.

            Komunikasi dalam keluarga membutuhkan keterbukaan dari anggota keluarga dalam setiap hal, baik yang menyenangkan maupun tidak. Juga dalam menyelesaikan masalah dengan pembicaraan yang jujur, sabar, dan terbuka.

 

Seberapa Pentingkah Komunikasi dalam Keluarga?

            Komunikasi mempengaruhi keharmonisan suatu keluarga. Setiap anggota memiliki peran yang sangat penting. Untuk menyelaraskan tugas antar anggota, diperlukan komunikasi antara anggota yang satu dengan yang lain.

            Peran keluarga terutama orangtua sangat penting bagi pembentukan karakter anak, apalagi ketika anak tersebut mulai memasuki masa remaja. Pada masa remaja, seseorang akan mengalami berbagai perubahan baik fisik maupun psikologis.

Keluarga merupakan tempat ditanamkannya pendidikan moral dan agama, sehingga keluarga terutama orangtua harus ikut bertanggung jawab dalam membimbing anaknya. Orangtua menjadi sumber utama informasi dan menjadi motor pengawasan dan pembinaan bagi anak-anaknya.

           

Pengaruh Komunikasi dalam Keluarga

Di awal masa remaja, biasanya masih bingung mengenai banyak perubahan yang terjadi pada dirinya. Orangtua seharusnya memberikan informasi-informasi yang sudah sepantasnya didapatkan oleh remaja.

Dorongan sebagai penyemangat remaja agar tidak mudah mundur dan putus asa. Orangtua juga harus memberikan  motivasi sebagai acuan, sehingga remaja memiliki banyak nasihat sebagai arah hidup. Memberikan solusi untuk membantu menyelesaikan masalah bagi remaja. Serta dukungan sebagai langkah untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja dengan pilihan yang sudah diputuskan.

Namun pada umumnya, remaja tidak suka apabila terlalu dikekang. Jika orangtua terlalu mengatur remaja, akibatnya remaja akan merasa tertekan hingga ingin memberontak. Jika seperti itu, remaja akan merasa tidak nyaman berada di lingkungan keluarga. Remaja ingin dihormati segala pendapatnya walaupun terkesan gegabah dan semaunya sendiri. Akan tetapi, setiap remaja tetap mendambakan keharmonisan dalam keluarganya.

 

Sumber:

http://www.anneahira.com/komunikasi-dalam-keluarga.htm

http://eksisku.wordpress.com/2012/01/09/pentingnya-komunikasi-dalam-keluarga/

Your Comments

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s